Iran Hibahkan Peralatan Militer Ke Lebanon untuk Hadang Mujahidin Suriah

A picture taken on August 20, 2010 showsIran  berjanji memberikan hadiah  khusus militer untuk Tentara Lebanon, kepala dewan keamanan nasional Iran mengatakan pada hari Selasa.

Tentara Lebanon  meningkatkan upaya untuk mencegah pejuang Muslim Sunni dari Suriah memasuki kota-kota perbatasan Lebanon.

Munculnya mujahidin  di Suriah seperti Negara Islam telah dijadikan  musuh bersama oleh  Syiah Iran ,  Arab Saudi  dan Amerika Serikat.

“Republik Islam memutuskan untuk memberikan hibah militer untuk Tentara Lebanon,” kata Direktur Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Ali Shamkhani kepada wartawan di Beirut.

Dia tidak memberikan informasi detail mengenai apa saja yang dihibahkan . Sebuah sumber diplomatik mengatakan menteri pertahanan Iran akan segera meminta data  dari Libanon, untuk apa saja  senjata yang dibutuhkan oleh tentara Lebanon.

Mujahidin  Muslim Sunni di Suriah dan pendukung  mereka di Lebanon menuduh tentara Libanon bekerja sama dengan Hizbullah, sebuah gerakan Syiah  yang didanai oleh Iran yang telah mengirimkan milisinya  untuk membantu pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad. (Arby/dz)