Israel Akui Pihaknya Lakukan Pencurian Organ Tubuh dari Jenazah Palestina

Palestinians carry the body of Jihad Aslan during his funeral at Qalandiya Refugee Camp near the West Bank city of RamallahIsrael telah sepakat untuk mengembalikan organ jenazah  Palestina yang dicuri  oleh patolog forensik selama otopsi , Menteri Palestina Urusan Sipil  Hussein al – Sheikh mengatakan kepada kantor berita Ma’an , Rabu .

Kepala lembaga forensik  Israel , Jehuda Hiss , telah mengaku mengambil organ mayat Palestina tanpa izin dari keluarga mereka .

” Kami memang mengambil bagian organ mata, kornea … Apapun yang kami lakukan adalah sangat informal. Tidak ada izin yang diminta dari keluarga Mayit , ” kata Hiss dalam sebuah wawancara dengan seorang akademisi Amerika pada tahun 2000 . Wawancara ini dirilis pada tahun 2010 dan  disiarkan juga oleh Saluran 2 TV Israel .

Channel 2  mengatakan juga ahli forensik mengambil organ tulang , kornea mata , katup jantung dan kulit dari jenazah  warga Palestina ,  bahkan pekerja asing.

Tentara Israel mengaku pengambilan organ tersebut tetapi mereka mengatakan praktek itu tidak lagi mereka lakukan . ” Kegiatan ini telah  berakhir satu dekade lalu dan tidak terjadi lagi , ” kata perwira militer Israel kepada Channel 2 .

Dalam wawancara , Hiss menggambarkan bagaimana cara dokter  melakukan penutupan bekas pengambilan kornea mata dari jasad . ” Kami memakai  lem untuk menutup kelopak mata , ” katanya . ” Kami tidak akan mengambil kornea mata dari suatu keluarga yang kami tahu mereka akan membuka kelopak mata si jenazah , ” lapornya kepada Associated Press .

Pejabat Palestina mengatakan, pihak Israel akan ” segera mengembalikan beberapa organ , ” lapor  kantor berita Ma’an . (Arby/Dz)