Israel Mulai Serangan Darat ke Gaza

An Israeli tank performs a manoeuvre after a five-hour humanitarian truce, near the border with Gaza StripDasar Israel, Israel mulai lakukan invasi darat ke Jalur Gaza pada Kamis malam setelah pembicaraan mencapai gencatan senjata permanen gagal untuk menghentikan , yang telah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina.

Pihak militer mengatakan bahwa invasi darat datang “setelah penolakan berulang tawaran gencatan senjata ” oleh Hamas, gerakan Islam yang mengendalikan Jalur Gaza.

Pemerintah Israel, sementara itu, menyetujui rancangan 18.000 tentara cadangan baru, meningkatkan jumlah keseluruhan tentara Israel yang disiapkan  sejak awal Operasi tersebut berjumlah  65.000 tentara, menurut juru bicara militer Israel.

Israel melancarkan operasi pada 8 Juli untuk serangan roket ke Gaza. Serangan darat diluncurkan Kamis akan “mencakup koordinasi yang erat antara unit IDF termasuk infanteri, korps lapis baja, korps artileri, dan intelijen yang dikombinasikan dengan dukungan udara dan angkatan laut,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menginstruksikan militer untuk memulai serangan darat di Gaza.

“Perdana menteri dan menteri pertahanan telah menginstruksikan IDF untuk memulai operasi darat malam ini untuk memukul terowongan teror dari Gaza ke Israel,” kata pernyataan resmi dari kantor Netanyahu.

Segera setelah Israel melancarkan operasi, Hamas memperingatkan bahwa Tel Aviv akan membayar “harga tinggi” atas tindakannya.

Hamas telah menembakkan lebih dari 1.000 roket ke Israel sejak awal pertempuran  10 hari lalu, menyebabkan kematian salah satu Israel. Di sisi berlawanan, Israel menyerang lebih dari 1.600 sasaran di Gaza, menewaskan lebih dari 200 orang, sebagian besar warga sipil.

Tembakan tank Israel menewaskan tiga orang di Jalur Gaza, Kamis, kata petugas medis. Juru bicara layanan darurat Gaza Ashraf al-Qudra mengatakan  semua korban berusia 20-anMenurut angka yang disediakan oleh Centre yang berbasis di Gaza Palestina untuk Hak Asasi Manusia (PCHR), lebih dari 80 persen korban konflik ini telah menjadi warga sipil.

Sejauh ini, satu orang telah tewas di Israel – seorang warga sipil yang meninggal pada Selasa malam dalam serangan roket di dekat persimpangan Erez, kata petugas medis. Setidaknya empat warga Israel terluka serius.

Sejak kekerasan terbaru mulai sebelum fajar pada tanggal 8 Juli, setidaknya 1.021 roket yang ditembakkan dari Gaza telah melanda Israel, dan 256 lainnya telah ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Iron Dome, tokoh-tokoh militer Israel menunjukkan.

Selama kampanye serangan udara yang ditujukan untuk menghentikan serangan roket, Israel telah menyerang lebih dari 1.750 “target teror” di Jalur Gaza, kata militer.(Arby/Dz)