Israel Sebarkan Pesawat Drone di Utara Irak

Tentara Israel telah meningkatkan kegiatan militer mereka di wilayah otonomi Kurdistan di Irak dan berencana menyebarkan sejumlah pesawat udara tak berawak di daerah di Irak utara.

Israel berencana untuk menggunakan peralatan baru, termasuk enam pesawat, di wilayah di mana mereka bekerjasama dengan Partai Demokrat Kurdistan, seorang koresponden Press TV di Irak utara melaporkan pada hari Sabtu kemarin (13/8).

Empat pesawat akan ditempatkan di pangkalan udara di Khalidiyah kota minyak utara Kirkuk dan dua lainnya akan ditempatkan di bandara kota Mosul, ibukota Governorat Niniwe.

Agen-agen intelijen Israel dan penasihat militer, dilengkapi dengan perangkat transmisi khusus, juga dikirim ke Mosul untuk melatih pasukan keamanan di wilayah Kurdistan Irak.

Pemerintah Daerah Kurdistan Irak Presiden Massoud Barzani dilaporkan setuju untuk konsesi tersebut sebagai imbalan atas pengakuan sejumlah mahasiswa Kurdi Irak untuk berkuliah di universitas-universitas Israel.

Barzani memberi Israel lampu hijau untuk menggunakan pesawat militer mereka di Irak utara tanpa memperoleh persetujuan dari pemerintah pusat Irak di Baghdad, yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Tel Aviv.(fq/prtv)