John Cantlie, Satu Lagi Sandera IS Asal Inggris

johnJihadis IS kembali merilis sebuah posting video pada hari Kamis yang menunjukkan  wartawan freelance asal Inggris, John Cantlie, yang mengatakan ia sedang ditahan.

Dalam video yang diposting di YouTube, Cantlie, mengenakan jumpsuit oranye, berbicara kepada kamera dengan gaya membacakan laporan berita dan berjanji untuk mengungkapkan serangkaian program “kebenaran” tentang kelompok jihad IS yang telah menguasai  bagian dari Irak dan Suriah .

Tidak ada ancaman langsung terhadap hidupnya  dalam video tersebut.

John  Cantlie , kontributor berita terhadap surat kabar Inggris termasuk The Sunday Times dan Sunday Telegraph, serta Agence France-Presse, mengatakan ia ditangkap setelah bepergian ke Suriah pada bulan November 2012.

Dia sebelumnya ditahan bersama dengan seorang fotografer Belanda oleh para jihadis di Suriah pada Juli 2012 namun dilaporkan pernah dibebaskan setelah sembilan hari ditahan.

Tidak jelas kapan video itu dibuat, tetapi di dalamnya video tersebut ,  Cantlie menyebutkan peristiwa baru-baru ini,  termasuk jihadis IS telah mengendalikan sebagian besar wilayah Irak pada bulan Juni.

Berbicara dalam bahasa Inggris dengan teks bahasa Arab, Cantlie mengatakan dalam posting Video berdurasi 21 menit – berjudul “Lend Me Your Ears” – didalamnya  ia berencana untuk mengungkapkan “kebenaran di balik sistem dan motivasi dari Negara Islam (IS).” (Arby/Dz)