Kamis, Jihadis IS Rebut 21 Desa Kurdi di Suriah Utara

Free Syrian Army fighters stand at a former base used by fighters from the Islamic State in Iraq and the Levant (ISIL), after the ISIL withdrew from the town of Azaz, near the Syrian-Turkish borderKamis, Negara Islam di Irak dan Suriah rebut 21 desa Kurdi di Suriah utara, menurut Associated Press.

Sebagai tanggapan atas itu , militan PKK Kurdi meminta suku Kurdi Turki  untuk bergabung perangi IS(IS) di Suriah utara.

“Para pemuda Kurdistan utara (bagian tenggara Turki) harus pergi ke Kobane (Ayn al-Arab) dan mengambil bagian dalam pertahanan yang  terhormat dan bersejarah,” kata anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Bentrokan terbaru di seluruh perbatasan adalah masalah terbaru bagi  negara Turki yang juga termasuk  anggota NATO , yang telah membuat kejelasan enggan untuk bergabung dalam rencana Presiden AS Barack Obama untuk membom pejuang IS di Suriah dan Irak.

Kemajuan terbaru oleh kelompok militan datang setelah pesawat pengintai tak berawak AS terbang di atas wilayah IS di provinsi Suriah Aleppo, di mana kelompok IS  telah mengevakuasi sebagian besar markasnya , laporan kelompok pemantau  perang di Suriah pada hari Kamis.

Rami Abdulrahman, yang menjalankan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan beberapa sumber informasi di timur laut Aleppo telah melihat setidaknya satu pesawat tak berawak melintas di  kota-kota termasuk al-Bab dan Manbij. “Mereka tidak berhasil memantau kekuatan IS ,” katanya kepada Reuters melalui telepon. (Arby/Dz)