Kekuasaan Sisi Semakin Luas, Kini Ia Kuasai Panglima Dewan Militer

sisi 3Presiden interim kudeta Mesir,  Adly Mansour pada hari Kamis mengeluarkan dekrit mengenai reshuffle dewan militer negara itu dan menunjuk  untuk pertama kalinya pihak militer sebagai pimpinan dewan militer sebagai pemimpinnya .

Keputusan Mansour menempatkan Abdel – Fattah el – Sisi bertanggung jawab atas dewan militer .

Langkah ini dianggap yang pertama dalam sejarah Mesir bahwa dewan militer tidak lagi dipimpin oleh presiden yang dahulunya menurut konstitusi Mesir , presiden adalah  komandan kepala angkatan bersenjata.

Keputusan hari Kamis itu terlihat sebagai bagian dari serangkaian menata ulang wewenang  pihak keamanan negara itu yang semakin meluas  sebelum pemilihan presiden terpilih nantinya.

Sebuah analisa  surat kabar lokal  pada hari Kamis bahwa memperkirakan Sisi akan segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri pertahanan dan segera  mencalonkan diri sebagai presiden .

Berita Harian milik negara al- Ahram mengutip mantan Ketua Liga Arab Amr Moussa pada hari Kamis mengatakan bahwa Sisi akan membuat pengumuman pengunduran dirinya dari Menteri pertahanan  dalam 10 hari mendatang .(Arby/Dz)