Ketua Dewan Mufti Rusia Desak Terbentuknya Negara Palestina Merdeka

Warga Rusia dan dunia Muslim meminta terbentuknya negara Palestina yang merdeka, kata Ketua Dewan Mufti Rusia Syaikh Rawi Ain al-Din.

Kepala lembaga Islam tertinggi Rusia ini membuat pernyataan tersebut selama khotbah shalat Jumat di Moskow yang juga dihadiri oleh Duta Besar Iran untuk Rusia dan delegasi yang menyertainya.

"Pendirian negara Palestina yang merdeka adalah tujuan dari umat Muslim dunia dan kita berdoa kepada Allah untuk mewujudkan tujuan ini dan untuk pembentukan perdamaian di tanah suci ini," IRNA mengutip pemimpin pernyataan ketua dewan Mufti Moskow dalam shalat Jumat kemarin (3/9).

Pernyataan Syaikh Ain al-Din datang pada saat umat Syi’ah di Iran dan negara-negara lain menandai Hari Quds Internasional pada Jumat terakhir bulan Ramadhan saat ini, 3 September 2010.

Khatib Shalat Jumat di Moskow mengatakan hari Internasional Quds ini adalah hari untuk menunjukkan dukungan dan solidaritas dengan bangsa Palestina dan mendesak semua umat Islam untuk melakukan demonstrasi setiap Ramadhan untuk mengambil sikap untuk mendukung perjuangan Palestina melawan rezim Israel yang merampas wilayah tersebut.

Ulama Rusia ini juga menekankan pentingnya kesatuan antara kelompok Palestina Fatah dan Hamas.

Ia, selanjutnya, mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Iran untuk Rusia Sayyed Mahmoud-Reza Sajjadi atas usahanya untuk mengembangkan hubungan Iran-Rusia di berbagai bidang dan untuk meningkatkan hubungan antara Iran dan muslim Rusia.(fq/prtv)