Komunitas Muslim Rohingya dilarang Bertemu Aung San Suu Kyi di Jepang

Muslim Rohingya yang berada di Jepang mengatakan mereka telah dilarang berkumpul untuk menyambut “srikandi” demokrasi Aung San Suu Kyi ketika ia mengunjungi negara itu dari Sabtu.

Ini adalah kunjungan pertama Suu Kyi ke Jepang dalam hampir tiga dekade, setelah dahulu ia menghabiskan waktu sebagai peneliti di Universitas Kyoto 1985-86.

Selama perjalanan enam hari, peraih (katanya) Nobel “Perdamaian”  diperkirakan akan mengadakan pertemuan dengan beberapa warga sekitar 10.000 warga budha Myanmar yang tinggal di Jepang, serta dengan Perdana Menteri Shinzo Abe dan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida.

Tapi Zaw Min Htut, 42, pemimpin dari sejumlah 200 Muslim Rohingya di Jepang, mengatakan hari Kamis bahwa umatnya telah diberitahu mereka tidak diterima untuk hadir di acara Suu Kyi .

“Karena beberapa tokoh Buddha menentang partisipasi kami, meskipun aku sudah berada di Jepang selama puluhan tahun dan telah membantu warga Myanmar yang beragama Budha lainnya di sini, saya diberitahu oleh penyelenggara acara senegaranya saya tidak boleh melihat Aung San Suu Kyi,” katanya.

Ketegangan nyata kelompok dalam komunitas Myanmar di Jepang menggarisbawahi meningkatnya masalah antara Muslim dan Buddha di dalam negeri yang telah memporak poranda reformasi politik yang banyak digembar-gemborkan sebagai keberhasilan demokrasi di negara itu beberapa tahun terakhir.

Para aktivis kemanusiaan menyatakan kekecewaan atas peran Suu Kyi, yang pernah ditahan dalam tahanan rumah selama 15 tahun oleh mantan junta militer, sebagian besar Suu Kyi hanya diam atas pertumpahan darah komunal tersebut.

“Saya benar-benar ingin bertemu dengannya secara pribadi, tapi saya tidak ada niat pertengkaran apapun,” kata Zaw Min Htut. “Aku ingin dia menjadi mediator dalam konflik etnis, karena tanpa penyelesaian masalah ini, Myanmar tidak akan menjadi bangsa yang benar-benar damai, walaupun melalui proses demokrasi.”

Seorang pejabat dari Departemen Luar Negeri Myanmar mengatakan keputusan tentang siapa saja yang partisipasi pada acara tersebut ditentukan oleh panitia penyelenggara dan tidak ada hubungannya dengan kementerian Deplu.

Zaw Min Htut mengatakan ia telah bertemu pejabat kementerian Rabu dan menyerahkan surat kepada Kishida, memintanya untuk menyampaikan keinginannya agar Suu Kyi memainkan peran utama dalam mengakhiri kekerasan antar komunal.

Koneksi Suu Kyi ke Jepang berasal dari ayahnya, Jenderal Aung San, yang memimpin gerakan kemerdekaan di negara itu yang dikenal sebagai Burma melawan kekuasaan kolonial Inggris. Dari akhir 1940 ia menghabiskan beberapa bulan di Jepang, dengan tentara Imperial Jepang – kemudian terlibat dalam kampanye brutal militer Jepang dalam penaklukan seluruh Asia – Jepang menawarkan bantuan, termasuk persenjataan, tenaga dan uang tunai kepada Jenderal Aung San.

Dua tahun kemudian ia mendirikan sebuah pemerintah di Burma dengan dukungan Jepang. Tetapi melihat angin perpolitikan saat itu , pada tahun 1945 ayahnya kembali  meminta bantuan Inggris untuk membebaskan negara Burma dari penjajahan Tokyo. (Dz/JapanTimes)