Kuwait Terancam Dikeluarkan dari Kejuaraan Piala Dunia

Federasi Sepakbola Internasional FIFA mencabut keikutsertaan negara Kuwait dari semua pertandingan internasional karena pemerintah Kuwait dianggap telah ikut campur dalam pertandingan sepakbola berskala nasional.

Dengan pencabutan itu, maka negara Kuwait terancam tidak bisa ikut pertandingan kualifikasi untuk Piala Dunia tahun 2010 yang akan diselenggarakan di Afrika Selatan. Padahal babak kualifikasi akan dimulai dua minggu lagi.

"Kuwait diskors dari semua pertandingan karena sudah dua kali gagal memenuhi pengarahan dari FIFA. Jika Kuwait tidak segera mematuhi pengarahan FIFA, Kuwait akan dikeluarkan dari babak kualifikasi Piala Dunia 2010, " kata Ketua FIFA Sepp Blatter.

Kuwait pada tanggal 9 Oktober kemarin, melakukan pemilihan untuk orang-orang yang akan duduk di pos-pos jabatan kunci di federasi sepakbola negara itu. Namun FIFA dan Asian Football Confederation (AFC), menolak pemilihan tersebut. FIFA mengatakan bahwa Kuwait telah mengabaikan dua lembaga itu, dan meminta negara Teluk tersebut untuk menyusun kepengurusan sederhana yang nantinya akan melakukan pemilihan yang baru dan membuat draft pedoman pemilihan untuk menghindari campur tangan pemerintah.

FIFA menilai pemilihan yang dilakukan pada 9 Oktober kemarin, kontradiksi dengan aturan persebakbolaan internasional.

Kuwait, pernah sembilan kali memenangkan kejuaraan sepakbola kawasan Teluk, dua kali memenangkan Asian Cup pada tahun 1980 dan masuk final dalam Piala Dunia tahun 1982.(ln/al-arby)