Mahasiswa Inggris Kembali Menentang Yahudi

Himpunan mahasiswa London di berbagai universitas terkemuka di Inggris berkumpul, menyatakan sikap anti-Semit mereka. Peristiwa yang baru terjadi beberapa jam lalu ini menimbulkan kemarahan di kalangan mahasiswa Yahudi di negara itu.

Yang membuat mereka tambah berang adalah, pertemuan itu dilaksanakan sebelum hari Sabat yang diyakini keramat bagi umat Yahudi.

Himpunan mahasiswa dengan tegas kembali mengecam Israel yang melakukan Operasi Cast Lead. Ada delapan hal yang disuarakan oleh para mahasiswa tersebut. Beberapa di antaranya adalah gerakan menolak penyerangan Israel terhadap Gaza, dan meminta pemerintah Inggris menghentikan hubungan diplomatik dengan Israel. Slogan mereka yang membuat Yahudi jengkel adalah, "Kita harus melakukan segala cara agar Israel tidak memenangkan perang!"

Tadinya, para mahasiswa Yahudi pun berencana mengadakan perlawanan serupa. Tapi ternyata mereka mengalami kendala jadwal dari universitas yang bersangkutan.

Tampaknya pihak kampus sudah mulai menyadari arti "Dukung perdamaian dan persatuan di Timur Tengah mulai dari kampus." (sa/jp)