Mantan Direktur CIA : Syiah Iran Adalah Ancaman bagi Irak , dan Bukan Daulah Islam

General David Petraeus gestures during the Senate Intelligence Committee hearing in WashingtonEramuslim – Mantan Direktur CIA Jenderal David Petraeus, yang pernah memimpin pasukan AS di Irak selama tahun 2007-2008 , telah mengatakan bahwa Iran dan milisi Syiah adalah ancaman strategis bagi  Irak, dan bukan Daulah Islam.

“Saya berpendapat bahwa ancaman utama bagi stabilitas jangka panjang Irak dan keseimbangan regional yang lebih luas bukanlah Daulah  Islam; Tetapi  milisi Syiah, yang banyak didukung oleh Iran, “Petraeus mengatakan kepada Washington Post selama kunjungannya ke Irak utara.

Dia mengatakan sementara ini milisi Syiah membantu menghentikan serangan Daulah Islam terhadap Baghdad, ketahuilah milisi Syiah -lah yang bertanggung jawab atas “kekejaman” terhadap warga sipil Sunni dan kemudian nantinya milisi Syiah itu akan muncul menjadi kekuatan dominan di Irak di luar kendali pemerintah.

“Milisi (Syiah) ini kembali ke jalan-jalan Irak merespon fatwa pemimpin Syiah Ayatollah Sistani , mereka ini yang mencegah Daulah Islam melanjutkan serangan ofensif ke Baghdad. , “kata Petraeus.

“Jangka panjang, milisi Syiah yang didukung Iran bisa muncul sebagai kekuatan terkemuka di negeri ini, dan akan berada di luar kendali pemerintah , dan hanya menurut ke  Teheran,” tambahnya.

Petraeus mengatakan pengaruh Iran sangat meningkat di Irak, melalui Komandan Pengawal Revolusi Qassem Suleimani, hal itu menggarisbawahi “kenyataan” dukungan Iran di Irak.

Menjawab pertanyaan tentang komandan Iran Qassem Suleimani, yang dikabarkan membantu membangun milisi Syiah, Petraeus mengatakan: “Ya, ‘Haji Qassem,’ teman lama kami. Saya memiliki beberapa pengalaman ketika saya melihat foto-foto dirinya, tapi kebanyakan dari mereka berfikir  tidak cocok untuk publikasi di surat kabar  seperti milik Anda.”

“Apa yang akan saya katakan adalah bahwa dia memang sangat mampu dan individu yang cerdas , dan musuh yang layak. Dia telah memainkan tangannya dengan baik. Tapi ini adalah permainan lama, jadi mari kita lihat bagaimana peristiwa itu terjadi.”

“Hal ini tentu menarik untuk melihat bagaimana terlihatnya Suleimani dalam beberapa bulan terakhir – cukup perubahan mencolok bagi seorang pria yang dahulunya hanyalah berada dibalik peristiwa,” tambah Petraeus.

AS yang secara luas ingin membersihkan al-Qaeda dari daerah Irak sejak  tahun 2006, mengatakan bahwa meskipun bantuan Iran dalam melawan Daulah Islam , bantuan Teheran “akhirnya menjadi bagian dari masalah, bukan solusi.

“Semakin Iran terlihat mendominasi wilayah tersebut, semakin akan mengobarkan radikalisme Sunni dan  munculnya dukungan atas kelompok jihad seperti Daulah  Islam. Sementara AS dan Iran mungkin memiliki kepentingan  dalam kekalahan Daulah Islam , tetapi kepentingan AS umumnya berbeda. , “tambahnya.

Dia mengatakan: “kekuasaan Iran di Timur Tengah menjadi masalah ganda. Hal ini terutama bermasalah karena Iran sangat memusuhi kami dan teman-teman kita. Tetapi juga berbahaya karena semakin dirasakan, semakin memicu potensi reaksi yang juga berbahaya bagi kepentingan kita . Munculnya reaksi radikalisme Sunni dan, jika kita tidak hati-hati, mereka menuju prospek  nuklir juga ”

Petraeus menambahkan bahwa pada musim semi tahun 2008, Suleimani menjelaskan kepadanya bahwa ia yang bertanggung jawab atas kebijakan Iran mengenai Irak, Suriah, Lebanon, Gaza dan Afghanistan.

“Di tengah pertempuran , saya menerima kabar dari seorang pejabat yang sangat senior di Irak bahwa Qassem Suleimani telah memberi pesan untuk saya. Ketika saya bertemu dengan perwira senior Irak itu, ia menyampaikan pesan: “. Jenderal Petraeus, Anda harus menyadari bahwa aku, Qassem Suleimani, mengontrol kebijakan Iran untuk Irak, Suriah, Lebanon, Gaza, dan Afghanistan ‘Intinya jelas: Dia dimiliki kebijakan dan wilayah , dan saya harus berurusan dengan dia. ”

Patreaus, mantan penasihat AS di Irak ini mengatakan kepada Al Arabiya News bulan lalu , bahwa pemerintahan Obama memang sengaja menutup mata terhadap pelanggaran milisi Syiah di Irak – tapi sekarang dengan bukti baru dari organisasi hak asasi manusia dan dengan kesaksian Petraeus, “Obama sekarang harus menjelaskan tentang  kebijakannya. ”

David Mack, mantan duta besar AS dan sarjana di Institut Timur Tengah yang berbasis di Washington , mengatakan bahwa pemerintahan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi – sangat selaras secara politik dan ideologis dengan Iran.(Arby/Dz)