Mantan Menkeu Pro Ekonomi Liberal ditunjuk Sebagai PM Mesir yang Baru

pm mesir baruSelasa, Presiden interim Mesir , Mansour  menunjuk mantan Menteri Keuangan Hazem el-Beblawi sebagai perdana menteri dan mantan pengawas Nuklir  internasional Mohamed ElBaradei sebagai wakil presiden.

Penasihat Presiden, Ahmed el-Musalamani membuat mengumumkan pada  Selasa setelah kebuntuan politik atas posisi perdana menteri.

Pekan lalu, ElBaradei berada di ambang kandidat terkuat untuk perdana menteri, tapi pada menit terakhir sebuah partai An Nour yang terlibat dalam legalisasi kudeta militer , menolak atas ditunjuknya  ElBaradei, Associated Press melaporkan.

El Beblawi, yang berusia  70-an, pernah menjabat sebagai menteri keuangan pada era akhir kekuasaan Mubarak.

Ia mengundurkan diri sebagai protes pada bulan Oktober 2011 setelah 26 demonstran yang sebagian besar orang Kristen, dibunuh oleh tentara dan pasukan keamanan Mesir dalam aksi tindakan keras terhadap para demonstran di tahun 2011 tersebut.

Partai An Nour, yang telah sebelumnya keberatan dengan beberapa kandidat yang diajukan oleh pemerintah sementara yang didukung militer, kini mengatakan akan mendukung penunjukan Beblawi itu sebagai Perdana Menteri Mesir.

Sedangkan terkait dengan penunjukkan El Baredei sebagai Wakil Presiden Mesir , Ketua Partai An Nour mengatakan  masih mempelajarinya, menurut Reuters. (Arby/Dz)