Maraknya Tato Ataturk Di Turki Menolak Negara Islam

Tato tanda tangan Mustafa Kemal Ataturk, Bapak Sekuler Turki yang membabat Islam di masa lalu, sekarang tengah populer di kalangan kaum muda Turki. Ada apa?

"Tato ini semakin populer setiap hari, terutama di kalangan kaum muda," kata Murat Arti, seorang seniman tato dan pemilik kios Tattoo Murat di distrik Sisli Istanbul.

"Mereka (kaum muda Turki yang sekular, Red) pikir pemerintah sedang mencoba untuk membuat mereka lupa akan Ataturk. Pemerintah bahkan mencoba untuk mengubah konstitusi sekarang."

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), partai yang berkuasa di Turki saat ini memiliki akar dalam Islam politik, dan telah memperburuk kekhawatiran di kalangan oposisi anggota partai sekuler yang memiliki rencana jangka panjang untuk mengubah negara ini dari sekuler menjadi negara republik Islam.

Frekuensi pembuatan tato tanda tangan "K. Ataturk" meningkat datang sebagai reaksi terhadap referendum konstitusi di Turki.

AKP mengusulkan referendum agar amandemen konstitusi berlangsung, dan dengan demikian, ini membuat oposisi lebih waspada bahwa jika referendum memilih "ya" akan memberikan AKP kekuasaan terlalu besar atas Mahkamah Konstitusi dan dewan tertinggi jaksa penuntut umum dan hakim dan selanjutnya konsolidasi partai kekuasaan.

Maraknya tato ini jelas merupakan sebuah usaha sekular yang ingin Turki tetap sekular. (sa/aby)