Mengenal Yahudi Anti Zionisme Israel

Al Furqan – Senin, 20 Safar 1430 H / 16 Februari 2009 15:25 WIB

Selama ini kita hanya mengenal dan tahu kalau semua Yahudi adalah sama. Kaum Yahudi membantai umat Islam di Palestina. Yahudi biang kerok dari penjajahan terhadap bumi Palestina dan banyak lagi stigma yang tidak bagus yang disematkan terhadap kaum yang namanya Yahudi. Tapi ternyata tidak semua Yahudi seperti itu, bahkan ada Yahudi yang menentang agresi militer dan penjajahan Israel ke Palestina. Dan tulisan berikut sedikit menjelaskan Yahudi yang anti terhadap Zionis Israel (Jews Againts Zionism)

Neturei Karta

Neturei Karta (Bahasa Aram yang secara harfiah berarti Penjaga Kota) adalah organisasi tertua yang menentang gerakan dan ideologi zionisme. Dimulai pada abad ke-18, dengan pelopornya adalah kelompok Yahudi Ortodoks yang dipimpin oleh Rabbi Yisroel ben Eliezer(27 Agustus 1698-22 Mei 1760).

Neturei Karta kerap menyebut diri mereka sebagai Perserikatan Yahudi Penentang Zionis, dibentuk secara resmi pada 1935 sebagai reaksi atas munculnya Zionisme dan rencana pembentukan negara Israel. Penentangan itu dilatarbelakangi keyakinan bahwa pembentukan negara Israel hanya diperbolehkan pada saat kedatangan sang juru selamat (Messiah/Imam Mahdi).

Pada awalnya anggota organisasi ini terkonsentrasi di Yerusalem. Kemudian, mereka menyebar sampai London, New York, berbagai kota di Amerika Utara dan juga di Lithuania. Mereka menilai kaum zionis yang dianggap sekuler, telah mengotori Tembok Ratapan.

Sejumlah pemimpin organisasi ini punya kedekatan hubungan dengan Iran.Mereka menganggap Iran sebagai sahabat karena melihat pemerintahannya bersikap cukup adil terhadap warga minoritas Yahudi yang hidup di sana.

Presiden Ahmadinejad termasuk tokoh yang dekat kelompok Neturei Karta ini – bahkan dalam satu kunjungan Neturei Karta ke Iran beberapa waktu lalu, beberapa tokoh Neturei Karta secara demonstratif memeluk dan mencium pipi Presiden Mahmud Ahmadinejad. Peristiwa itu diabadikan para fotografer yang menyebarkan gambarnya ke seluruh dunia. (Ini untuk mengklarifikasi berita tentang Ahmadinejad mesra dengan Yahudi).

Ulama terkemuka Syaikh Yusuf Qardawi tahun lalu juga menerima kedatangan tamu dari Neturei Karta ini, bahkan Qardawi mengatakan "Ummat Islam menentang penjajahan dan gerakan Zionisme yang menindas, bukan orang-orang Yahudi".

Kaum Zionis-Yahudi yang tinggal di New York yang menamakan diri mereka Jewish Defense League -  beberapa waktu lalu menyatakan perang terhadap seluruh anggota Neturei Karta dan pada bulan awal April 2007 rumah anggota dari Neturei Karta Arson New York dihancurkan oleh kelompok ini.

Salah satu tokoh Neturei Karta dan juga merupakan juru bicara Neturei Karta Internasional – Rabbi Yisroel Dovid Weiss (pernah datang ke Indonesia atas undangan mahasiswa UI pada waktu seminar Internasional tentang Palestina) mengatakan :

“Zionisme adalah ajaran yang mengkhianati Yudaisme! Zionisme adalah kepercayaan setan”. Secara tegas juga dia menyatakan kalau tanah Palestina adalah milik dari bangsa Palestina, dan mereka mendukung penuh kemerdekaan bangsa Palestina dari penjajahan Zionis Israel serta meminta supaya penjajahan Zionis Israel atas Palestina segara diakhiri. (baca juga Eramuslim Digest edisi Genesis of Zionism 1 )

International Jewish anti-Zionist Network (IJAN)

IJAN merupakan jaringan internasional orang Yahudi yang berkomitmen untuk memperjuangan kemerdekaan rakyat Palestina dari penjajahan Zionis Israel. Berbeda dengan Neturei Karta, IJAN tidak berisi kumpulan Rabbi yahudi.

Dari Polandia ke Irak, dari Argentina ke Afrika Selatan, dari Brooklyn ke Mississippi, IJAN telah memperjuangkan keadilan, dan keinginan mereka untuk mewujudkan dunia baru. IJAN berpartisipasi dengan jelas dalam memperjuangan gerakan hak-hak sipil, dalam perjuangan melawan apartheid Afrika Selatan, dan dalam perjuangan melawan fasisme di Eropa, dan banyak lainnya dalam hal gerakan untuk perubahan sosial dan politik. Termasuk berjuang dalam menentang berdirinya negara Zionis Israel.

Komitmen IJAN : Menentang Zionisme dan Negara Israel, Menolak kolonialisme dan warisan kolonialisme, Menentang organisasi Zionis, berkomitmen bekerja dan solidaritas terhadap keadilan.

Pada waktu agresi militer Israel ke jalur Gaza, IJAN turut aktif melakukan demonstrasi menentang aksi tersebut. Di San Francisco-Amerika Serikat, mereka melakukan aksi dengan memblokir jalan masuk ke konsulat Israel.

Selain Neturei Karta, IJAN masih banyak lagi orang-orang Yahudi yang menentang dan menelanjangi segala kejahatan Zionis Israel seperti Noam Chomsky, Prof.Norman G. Finkelstein, Profesor Israel Shahak dan masih banyak lagi.

Tapi walau bagaimanapun, kita sebagai umat Islam tetap harus meyakini kebenaran Al-Quran dan Sunnah. Al-Quran telah menyatakan :" Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang YAHUDI dan orang-orang musyrik" (QS Al-Maidah ayat 82) (fq/berbagai sumber)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus