Menhan AS , Hagel Mundur Ditengah Kampanye Serangan AS terhadap IS

HAGEL-Obama-700x400Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengundurkan diri pada hari Senin, ditengah  kampanye penyerangan AS atas  Negara Islam di Irak dan Suriah .

Barack Obama mengumumkan pengunduran Hagel, Senin, mengatakan bahwa mantan senator berusia 68 tahun dan veteran perang Vietnam telah mengatakan bahwa  sudah waktunya bagi dia untuk pergi. Hagel telah berada di posnya kurang dari dua tahun.

Pada acara perpisahan di Gedung Putih , Obama dan Wakil Presiden Joe Biden memberi Hagel pelepasan.

Obama mengatakan Hagel akan tetap dalam tugasnya hingga  penggantinya dikonfirmasi oleh Senat.

Hagel telah mengkritisi  tentang strategi Obama terhadap Suriah dalam dua halaman dalam sebuah memo kebijakan internal yang  bocor ke media , Reuters melaporkan. Di dalamnya, ia memperingatkan bahwa kebijakan Obama sangat berbahaya , karena kegagalan  mengklarifikasi niat AS terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Gedung Putih tidak memberikan petunjuk siapa yang mungkin mengganti Hagel di Pentagon, tetapi New York Times mengutip ada tiga kandidat kuat , yaitu mantan petinggi  menteri pertahanan Michele Flournoy , Senator Jack Reed dari Rhode Island –  – dan mantan wakil menteri pertahanan Ashton Carter.

Hagel, sebagai senator Partai Republik, memilih mendukung  invasi AS tahun 2003 ke Irak, tetapi kemudian menjadi kritikus atas  konflik yang terjadi dan kemudia ia ditarik  oleh Obama awal tahun lalu untuk mengawasi penarikan pasukan AS dari Afghanistan. (Arby/Dz)