Meningkat, Lebih 1,000 Pejuang Setiap Bulan Mengalir ke Suriah

isis 3Lebih dari 1.000 pejuang asing mengalir ke Suriah setiap bulannya, tingkat tertinggi  sejauh ini sebagai dampak  serangan udara terhadap Negara Islam , menurut intelijen dan kontraterorisme AS.

Besarnya migrasi yang sedang berlangsung,  menunjukkan bahwa kampanye udara yang dipimpin AS  tidak bisa menghalangi semangat sejumlah besar jihadis  bepergian ke daerah konflik tersebut , bahkan serangan AS tersebut  memicu kemarahan sehingga lebih banyak jihadis berduyun-duyun ke pertempuran.

“Aliran pejuang membuat jalan mereka ke Suriah tetap konstan, sehingga jumlah keseluruhan terus meningkat,” kata seorang pejabat intelijen AS. Para pejabat AS memperingatkan.

Sebagian besar dari mereka berasal dari negara-negara  di Timur Tengah dan Afrika Utara. Tunisia lebih  banyak mengirimkan  pejuang ke Suriah daripada negara lain. Lebih dari 2.000 pejuang datang dari negara-negara di Eropa, membawa paspor eropa akan memungkinkan  melakukan perjalanan relatif bebas di negara-negara Barat ….(JL/KH)