Menlu Jerman Kunjungi Mesir Sebagai Upaya Mediasi Konflik

menlu jermanMenteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle tiba di Kairo pada Rabu untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah hasil kudeta dan pendukung Presiden terguling Mohammed Mursi.

Seorang juru bicara mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk mendorong negara itu untuk kembali ke jalan demokrasi dan melanjutkan  hasil kunjungan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton, yang mengunjungi Kairo pekan ini.

Westerwelle “ingin mendapatkan rasa situasi selama tahapan kritis dan akan mempromosikan Mesir untuk cepat kembali ke kondisi legal  secara demokratis dan dimulainya kembali proses transformasi inklusif dengan semua pihak yang berseteru ,” kata juru bicara kepada para wartawan.

“Pesan utama adalah menyerukan semua pihak yang terlibat untuk melakukan kerja sama, mengakhiri kekerasan dan memulai dialog.”

Westerwelle akan bertemu dengan perwakilan dari pemerintah sementara, termasuk Menteri Luar Negeri Nabil Fahmy serta pemimpin Ikhwanul Muslimin sebelum kembali ke Berlin pada Jumat.

Kanselir Angela Merkel menyerukan pembebasan Mursi, yang telah ditahan sejak digulingkan oleh militer pada 3 Juli. (Arby/Dz)