Menlu Mesir Menjawab Kabar Percobaan Pembunuhan Omar Suleiman

Informasi tentang upaya pembunuhan terhadap Omar Sulaiman, mantan wakil presiden Mesir yang ditunjuk Mubarak, terungkap dalam wawancara Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit dengan stasiun televisi Al-Hayaat.

Kantor berita Mesir, MENA, mengutip pernyataan Aboul Gheit yang membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengungkapkan, Omar Suleiman lolos dari target penembakan yang terjadi beberapa minggu yang lalu, saat ketegangan akibat revolusi rakyat mencapai puncaknya.

Menlu Mesir itu mengaku menyasikan sendiri serangan terhadap Omar Suleiman. Pelakunya, menggunakan mobil ambulan curian agar bisa mendekati iring-iringan mobil Suleiman, lalu melepaskan tembakan ke arah mobil Suleiman saat memasuki area istana kepresidenan Heliopolis di Kairo.

Insiden itu, masih kata Aboul Gheit, menewaskan satu orang pengawal Suleiman. Sementara sopir dan satu orang pengawal lainnya luka-luka.

Kabar soal percobaan pembunuhan terhadap Omar Suleiman sebenarnya sudah berhembus sejak awal Februari lalu. Tapi seorang pejabat keamanan senior Mesir membantah kabar itu di sebuah media AS. Ia mengatakan bahwa kabar itu tidak benar. (ln/aljz)