Menteri Mesir Mundur Karena Anggota Salafi Ditunjuk Menjadi Gubernur Propinsi ‘Pariwisata’ Luxor

mentri mesirMenteri pariwisata Mesir akhirnya mengundurkan diri menyusul penunjukan gubernur baru di kota kuil Luxor kepada anggota Jamaah islamiyah, televisi pemerintah Mesir mengatakan Rabu.

Hesham Zazou mengatakan bahwa setelah penunjukan Adel al-Khayat – anggota dari kelompok militan Islam Jamaah Islamiyah – “Ia” tidak dapat melanjutkan perannya sebagai menteri pariwisata.”

Penunjukkan  Khayat memicu kemarahan di seluruh sektor pariwisata, industri yang dikatakan telah hancur pasca tahun  pemberontakan yang menggulingkan Hosni Mubarak 2011.

Perdana Menteri Hesham Qandil telah menolak pengunduran diri Zazou dan memintanya untuk tetap pada jabatannya sampai situasi ditinjau, juru bicara kementerian Rasha al-Azaizy mengatakan kepada kantor berita resmi MENA.

Tapi dia mengatakan Zazou menegaskan dirinya tidak akan terus bekerja “Selama gubernur baru tetap dalam jabatannya, sangat merugikan pariwisata di Mesir pada umumnya dan khususnya di Luxor”.

Khayat yang berasal dari Jamaah Islamiyah yang dipersalahkan atas serangkaian serangan pada  era 1990-an .

Jamaah Islamiyah mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap daya tarik utama wisata di Luxor, Mesir selatan, yang menewaskan 58 turis asing pada tahun 1997.(Arby/KH)