Militer Israel Klaim Hanya Naik ke Kapal Estelle dan Membawanya ke Ashdod

Angkatan Laut Israel pada hari Sabtu ini (20/10) naik ke atas kapak yang membawa aktivis pro-Palestina dan anggota parlemen yang berusaha untuk menembus blokade Israel ke Gaza, dalam sebuah operasi yang damai, kata militer Israel.

“Beberapa saat yang lalu, tentara angkatan laut Israel naik ke kapal Estelle, sebuah kapal yang sedang dalam perjalanan ke Jalur Gaza yang berusaha untuk mematahkan blokade keamanan maritim,” kata pernyataan militer.

Pernyataan itu menunjukkan bahwa kapal berbendera Finlandia digiring ke pelabuhan Ashdod di Israel selatan.

“Tidak ada aksi kekerasan,” kata seorang juru bicara militer kepada AFP, mengatakan pasukan telah menguasai kapal MV Estelle berbendera Finlandia. “Para penumpang tidak melawan.” Pengumuman ini dibuat tak lama setelah penyelenggara mengatakan kepada AFP kapal mereka telah “diserang” tak lama setelah didekati oleh kapal-kapal Israel di beberapa titik sekitar 35 mil laut di lepas pantai Gaza.

Militer mengatakan naiknya mereka ke kapal dilakukan hanya setelah beberapa kali melakukan panggilan ke penumpang yang tidak mendapat jawaban.

“Sebagai hasil dari keengganan mereka untuk bekerja sama dan setelah mengabaikan panggilan untuk mengubah arah, keputusan akhirnya dibuat untuk naik ke atas kapal dan membawanya ke pelabuhan Ashdod,” kata pernyataan itu, yang menunjukkan militer Israel tidak menggunakan kekerasan. Setibanya di Ashdod, penumpang kapal akan diserahkan ke dalam tahanan polisi dan kemudian ke pihak imigrasi.(fq/afp)