Mujahidin Daulah Rebut Kota Kristen di Suriah, Menawan 70 Kristiani

Mideast Al Qaida ComebackEramuslim – Mujahidin Daulah Islam menguasai desa Kristen dan menawan puluhan penganut  Kristen di timur laut Suriah, menurut aktivis.

Penawanan dilaporkan setelah Mujahidin Daulah merebut  dua desa Asyur dari pasukan Kurdi di provinsi Hassakeh pada hari Senin.

Desa-desa tersebut  dihuni oleh minoritas Kristen kuno , Asiria di kota Tel Tamr, Suriah.

Dewan Nasional Suriah, sebuah kelompok yang mewakili beberapa LSM dalam dan luar negeri, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah verifikasi sedikitnya 150 orang hilang.

Al Jazeera  melaporkan dari Amman, mengatakan penawanan warga Kristen itu  tampaknya sebagai respon langsung terhadap keberadaan posisi  pasukan Kurdi di timur laut Suriah.

Milisi  Kurdi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) telah lakukan serangan ofensif di provinsi itu dalam beberapa hari terakhir. Mereka mencoba untuk merebut kembali kota Tal Hamis dan sekitarnya, kantor berita AFP melaporkan. Tal Hamis terletak di sebelah timur desa yang dikuasai Mujahidin Daulah.

Pasukan YPG juga lakukan serangan di provinsi Raqqa, tetangga Kota Hassakeh, setelah milisi Kurdi itu merebut kota perbatasan  Kobane bulan lalu. Pasukan Kurdi tidak berperang sendirian, mereka tentunya dibantu  amunisi dan persenjataan bahkan bantuan serangan udara yang dipimpin AS . Observatorium  mengatakan koalisi AS itu melakukan serangkaian serangan di seluruh Tal Hamis pada hari Senin . (Alj/KH)