Negara Islam Akhirnya Kuasai Kembali Gunung Sinjar, Yazidi Terdesak

Negara Islam berhasil mengambil alih dua kota di Gunung Sinjar pada hari Senin, menunjukkan bahwa Mujahidin Sunni ini tetap bergerak maju walau AS tetap lakukan serangan udara untuk menjamin wilayah itu akan direbut AS .

Para pejabat AS memperingatkan pada bulan lalu bahwa jika IS berhasil menguasai wilayah tersebut ,maka populasi Yazidi bisa beresiko terbunuh .

Serangan udara AS di daerah ini pada bulan Agustus tampaknya AS berkoar telah mengamankan wilayah tersebut. “Situasi di gunung telah sangat membaik,” kata Presiden Obama di pagi hari tanggal 15 Agustus dalam sebuah pidato pidato. “Kami menghancurkan ISIS dengan pengepungan Gunung Sinjar. Kami menyelamatkan banyak nyawa tak berdosa. Karena upaya ini, kita tidak mengharapkan operasi tambahan untuk membantu menyelamatkan orang-orang dari gunung…. ”

Namun Washington Post melaporkan pada hari Senin bahwa milisi Yazidi yang telah melindungi daerah selama lebih dari dua bulan ternyata mundur dari desa-desa di utara gunung setelah mujahidin IS menyerang. Para milisi Yazidi mengatakan mereka telah menarik kembali milisinya ke sebuah kuil di gunung ….(Arby/Dz)