Neo Nazi Yunani Berdemo Untuk Gagalkan Pembangunan Masjid di Athena

yunani anti masjidFront Nasional ultra-kanan Pro Neo Nazi  telah menghasut  puluhan demonstran dalam aksi menentang rencana pemerintah Yunani untuk membangun masjid pertama yang didanai oleh negara di Athena.

Pemerintah menganggarkan dana sekitar satu juta euro (Rp 13 Milyar)  untuk membangun masjid dalam kondisi krisis ekonomi di negara itu. Pembangunan diharapkan dimulai pada tahun depan.

Para pengunjuk rasa, termasuk seorang wanita mengenakan pakaian biarawati, melambaikan bendera Yunani di demonstrasi  pada hari Minggu, mereka berteriak: “Kami tidak ingin syariah (Islam), kami ingin Yunani dan Ortodoks” dan “Tidak untuk masjid, Berikan uang ke sekolah (Pendidikan) .”

Emmanouil Konstas, Front sekjen Nasional, mengatakan bahwa rencana untuk membangun Masjid tidak dapat diterima dan bahwa pemerintah harus menahan diri dari melayani kebutuhan agama imigran saat negara sedang menghadapi krisis ekonomi.

“Tidak dapat diterima dalam segala hal,” kata Konstas.

“Kebutuhan Masjid untuk  ratusan ribu imigran ilegal tidak harus menjadi keprihatinan bagi pemerintah,. Mereka harus dideportasi karena mereka datang ke sini secara illegal.  Dan untuk sisanya  yang ada di sini secara legal, ada tempat cukup bagi mereka untuk beribadah , “kata Konstas.

“Selain itu, selama krisis ekonomi yang berat ini, itu tidak bisa diterima begitu banyak uang yang akan dibelanjakan hanya untuk pembangunan masjid.” tambahnya.

Athena adalah satu-satunya negara di Uni Eropa yang tidak memiliki masjid resmi  dan juga pemakaman khusus muslim.

Penduduk setempat yang telah bergabung dalam demonstrasi mengatakan bahwa mereka takut Muslim akan datang dan merusak  pasar kerja mereka.

“Mereka bisa membangun (Masjid) tapi lihatlah kami akan meruntuhkannya,” kata warga setempat, Chrysoula 49 tahun.

Satu-satunya masjid di Yunani ada di kota perbatasan utara Thrace, dekat Turki, di mana komunitas Muslim disana sekitar 100.000 orang.

Lebih dari 100 masjid  yang sangat darurat ditemukan di ruang bawah tanah di sekitar wilayah Athena. (Alj./KH)