'Obama' Masuk Kamus Bahasa Slang

University of California, Los Angeles (UCLA) akan menerbitkan kamus bahasa slang "UCLA Slang" edisi ke-6 nya dalam waktu dekat ini. Dalam buku yang direvisi setiap empat tahun sekali itu, terdapat sejumlah kata baru yang masuk dalam bahasa slang dan sudah lumrah digunakan oleh masyarakat AS. Salah satu istilah slang baru itu adalah kata "Obama" yang diambil dari nama presiden AS, Barack Obama.

Kamus bahasa slang itu disusun oleh Profesor Pamle Munro-pakar linguistik di UCLA-dan para mahasiswanya. Untuk menyusun kamus ini, para mahasiswa Munro mengumpulkan istilah-istilah slang yang kerap digunakan rekan-rekan mereka, kemudian istilah-istilah itu dianalisa untuk memastikan istilah-istilah slang tadi benar dari sisi penulisan, pengucapan dan maknanya.

Dalam kamus ini, selain dicantumkan istilah, definisi, cara pengucapan dan contoh penggunaannya dalam kalimat, juga disertai catatan khusus yang menjelaskan masalah etimologi dan asal usul istilang slang bersangkutan. Beberapa istilah slang baru yang masuk dalam kamus slang edisi terbaru terbitan UCLA ini antara lain kata ‘pres’ yang dalam bahasa inggrisnya bisa disamakan dengan kata ‘cute’ atau ‘precious’.

Kemudian ada istilah slang ‘schwa’ yang sama dengan frasa ‘wow’, ‘Bromance’ untuk menyebut persabatan yang sangat akrab, ‘I.D,K’ untuk memendekkan kalimat ‘ I don’t Know’ dan tentu saja ‘Obama’, yang menjadi salah satu istilah slang yang artinya ‘keren’,  misalnya dalam kalimat ‘You so Obama’ (ln/prtv)