Obama Yakin Meraih Dukungan Kongres untuk Serangan ke Suriah

obama asBarack Obama memenangkan dukungan awal dari Kongres untuk penyerangan terhadap Suriah , ungkap para  anggota senior di parlemen yang berasal dari partai demokrat dan republik .

Juru bicara partai  Republik di Kongres , John Boehner , mengatakan pada hari Selasa bahwa ia akan mendukung misi presiden untuk serangan terhadap rezim Bashar al – Assad atas dugaan penggunaan senjata kimia , dan meminta rekan-rekan di partainya untuk mendukung presiden .

Pernyataan politisi tersebut muncul setelah pertemuan mereka dengan Obama di Gedung Putih , di mana presiden mengatakan ia yakin dukungan Kongres akan diraih untuk aksi militer ke Suriah .

Juga pada hari Selasa kemarin , Sekretaris Jenderal PBB , Ban Ki-moon mengatakan  aksi militer hanya dibenarkan jika untuk membela diri atau dengan mandat PBB .

” Penggunaan kekuatan yang sah hanya ketika membela diri sesuai dengan Pasal 51 dari Piagam PBB dan , atau ketika Dewan Keamanan menyetujui tindakan tersebut . ”

Tapi dia mengatakan Dewan Keamanan PBB harus bersatu jika terbukti bahwa senjata kimia telah digunakan di Suriah oleh pihak manapun juga.

” Jika dikonfirmasi , setiap penggunaan senjata kimia oleh siapapun dalam keadaan apapun akan menjadi pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan kejahatan perang di luar batas , ” katanya dalam sebuah pernyataan video. ” Setiap pelaku harus dibawa ke pengadilan , Seharusnya tidak ada kekebalan hukum . ” (Aljazeera/KH)