Orang Kedua Al Qaeda Yaman Dinyatakan Wafat Akibat Serangan AS

Ash Syahid InsyaAllah Saeed al-Shahri, warga Saudi yang diklaim sebagai orang al-Qaeda kedua di Yaman, tewas, seorang koresponden Al Arabiya melaporkan Selasa kemarin.

Shahri berperang di Afghanistan dan menghabiskan enam tahun di penjara militer AS di Teluk Guantanamo, sebelum dibebaskan pada tahun 2007.

Setelah dibebaskan ia dipindahkan ke salah satu lembaga yang terkenal di Arab Saudi “rehabilitasi”.

Namun, kurang dari satu bulan setelah keluar, gelora semangat jihadnya tak tertahankan maka ia berangkat ke Yaman dan mendirikan satu organisasi Islam militan.

Menurut koresponden Al Arabiya, keluarga Shahri mengatakan dia terluka parah setelah militer gabungan Yaman-AS Operasi menargetkan al-Qaeda di Yaman pada minggu kedua bulan Desember, 2012.

Setelah jatuh sakit  dalam keadaan koma, Shahri kemudian dinyatakan meninggal dan dimakamkan di Yaman.

Al-Qaeda merebut beberapa kota Yaman selatan selama kekacauan pemberontakan rakyat tahun lalu, tetapi mereka dipukul mundur ke daerah pegunungan di dekatnya oleh serangan ofensif  tentara AS dan Yaman di musim panas . Mereka telah membalas dengan pemboman dan pembunuhan para pejabat Yaman di ibukota Sana’a dan di tempat lain.

Washington menganggap Al Qaeda cabang Yaman menjadi cabang yang paling berbahaya dari jaringan teror, dan telah mengirimkan penasehat ke Yaman untuk membantu pemerintah dalam kampanye anti teroris. (Dz/Al Arabiya)