Panglima Militer Al Sisi Tanggapi Pidato Mursi : Kami Bersumpah Akan Korbarkan Darah Kami Bagi Mesir dan Rakyat

Abdul Fattah al-SisiDiposting di halaman resmi Facebook dari Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF), yang dipimpin oleh Panglima Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, mengatakan: “Kami bersumpah demi Tuhan bahwa kita akan mengorbankan darah kita bagi Mesir dan rakyatnya , untuk membela mereka terhadap teroris, radikal atau kebodohan. ”

Pernyataan itu dikeluarkan tiga jam setelah Mursi memberikan pidato televisi yang menolak ultimatum dari Al Sisi bahwa dia harus berbagi kekuasaan dengan lawan-lawannya atau menghadapi militer pada jam  5 sore waktu setempat (1500 GMT).

Satu sumber militer mengatakan pernyataan itu membuat jelas bahwa angkatan bersenjata tidak akan meninggalkan tuntutan mereka, menurut Reuters.

Mursi bersikeras  pertahankan ‘legitimasi konstitusionalnya ” dan meminta tentara untuk menarik ultimatum untuk melakukan intervensi jika semua partai politik tidak menyelesaikan perbedaan.

Presiden juga mengatakan ia  siap untuk “memberikan hidupnya” untuk mempertahankan legitimasi konstitusional, dan juga komentar pemimpin senior Ikhwanul Muslimin yang mendesak para pendukungnya untuk siap mengorbankan nyawa mereka untuk mencegah kudeta militer.

Dalam pidato Mursi , sekitar lebih  40 menit, dia mengakui pada tahun pertamanya , ia menghadapi tantangan dari ‘sisa-sisa korup “dari rezim lama.

Dalam menanggapi ultimatum militer untuk berbagi kekuasaan dengan lawan-lawannya, ia mengatakan ia telah mencoba dialog semacam itu sebelumnya dan belum berhasil. Tapi dia bersikeras dia akan terus memenuhi tugas yang diamanatkan rakyat  karena ia telah terpilih secara demokratis.

Presiden mengatakan bahwa penghormatan terhadap tatanan konstitusional adalah “satu-satunya jaminan agar pertumpahan darah tidak berlanjut,” (Arby/Dz)