Panglima Mujahidin Chechnya Dikabarkan Gugur

chechnyaMujahidin  Rusia yang paling dicari , Doku Umarov , dilaporkan gugur  setelah adanya pemberitaan dari situs Islam  yang bersimpati dengan perjuangan  Kaukasus Utara , dan menyatakan bahwa kepemimpinan sepeninggal  Almarhum sudah ditetapkan.

” Kepergian Panglima Doku menandai berakhirnya dari generasi senior mujahidin Kaukasus , yang dikenal dengan mujahidin Chechen , ” ujar diretur International Crisis Group  Kaukasus Utara ,  Yekaterina Sokirianskaya kepada Reuters pada hari Selasa, 18 Maret.

Informasi yang beredar sebelumnya dari  pemimpin pro Kremlin di wilayah Chechnya , yang dikutip  oleh situs Kavkaz Centre, menyebut Doku Umarov sebagi Syuhada , sebagaipenghargaan sepanjang 20 tahun dalam hidupnya untuk Jihad . ”

Situs Islam tersebut  tidak menjelaskan  bagaimana dan kapan UDoku marov telah meninggal, tetapi rilis terbaru  dari penayangan video mengambarkan pengenalan  penggantinya  Umarov yang  mengindikasikan penggantian tersebut terjadi  beberapa waktu lalu .

Seorang pria berjenggot bernama Ali Abu Mukhammad mengatakan dalam video yang diposting di You Tube bahwa ia diminta untuk menggantikan posisi Umarov itu .

” Saya menyatakan bahwa saya bersedia menerima tanggung jawab ini , ” katanya , mengenakan seragam tempur dan duduk di lereng berumput dengan senapan otomatis di sisinya dan dilatar belakangnya ada bendera hitam – dan – putih bertuliskan syahadat .

Chechnya , negara yang dirundung konflik sejak tahun 1994 , dan hanya tiga tahun  relatif damai setelah perang pertama antara pasukan Rusia dan pejuang Chechnya berakhir pada bulan Agustus 1996 .

Perang kedua diperintahkan oleh  presiden Boris Yeltsin pada tahun 1999 , hanya beberapa bulan sebelum ia mengundurkan diri dan digantikan oleh Vladimir Putin , yang kini perdana menteri .

Ribuan ton bom menghujani ibukota Grozny pada tahun 2002 , pemimpin PBB saat itu  menggambarkannya sebagai Grozny sebagai ” kota paling hancur di planet ini ” . Tapi tanpa adanya tindakan apapun dari PBB.(OI.net/KH)