Pasukan Elit Malaysia Telah Bergabung Dengan Koalisi Saudi Lawan Syiah Houthi di Yaman, TNI DImana ya?

malaysian-forcesEramuslim.com – Garda depan pasukan Malaysia dilaporkan telah tiba di pangkalan udara Kota Riyadh, Arab Saudi, pada Minggu 10 Mei. Kedatangan pasukan itu ternyata merupakan tanda bergabungnya Pemerintah Malaysia dengan Koalisi Arab Saudi. Hal itu diungkapkan Saudi Press Agency.

Seperti dikutip Al Arabiya, Senin (11/5/2015), dengan bergabungnya Malaysia, Koalisi Arab Saudi dipastikan mendapat dukungan pertama dari negara-negara di kawasan Asia. Negeri Jiran itu dilaporkan menjadi negara ke-12 yang bergabung dengan koalisi pimpinan Arab Saudi yang dibentuk untuk mengusir pemberontak Syiah Houthi di Yaman.

Sebelumnya, Senegal telah resmi bergabung dengan koalisi Arab Saudi setelah Presiden Macky Sall mengirim 2.100 prajuritnya untuk bergabung bersama koalisi pimpinan Arab Saudi.

Dengan bergabungnya Senegal, negara itu dipastikan menjadi negara pertama dari wilayah Afrika yang bergabung dengan Koalisi Arab Saudi yang beranggotakan negara-negara dari Timur Tengah.

Sebagaimana diberitakan, Koalisi Arab Saudi dibentuk untuk merespons permintaan bantuan dari Presiden Yaman yang digulingkan oleh pemberontak Syiah Houthi. Pada 26 Maret 2015, koalisi pimpinan Arab Saudi tersebut memulai operasi militernya dengan meluncurkan serangan udara ke Ibu Kota Sanaa untuk mengusir pemberontak Syiah Houthi.

Malaysia telah memberangkatkan pasukannya, terjun ke dalam pertempuran yang sesungguhnya. Seharusnya TNI juga mengirim pasukannya agar tentara Indonesia sekarang ini benar-benar memiliki pengalaman di medan pertempuran yang sungguh-sungguh, bukan melulu latihan perang saja. Jangan seperti sekarang, banyak jenderal yang kesana-kesini begitu angkuh dan sok kuasa, namun dia sendiri belum pernah terjun ke dalam peperangan yang sesungguhnya.(ts)