Pasukan Oposisi Berhasil Usir Pasukan Gaddafi dari Gurun Gualish

Kubu revolusioner Libya mengklaim telah mengusir pasukan pro-Gaddafi dengan merebut dusun gurun Gualish, yang merupakan jalan ke Tripoli.

Sumber oposisi mengatakan pertempuran dilaporkan meletus setelah pasukan pro-Gaddafi melancarkan serangan untuk merebut kembali Gualish pada hari Minggu kemarin (24/7) – sebulan setelah mereka kalah dari pasukan revolusioner.

Sementara itu, kubu revolusioner mengklaim bahwa mereka telah menyusup ke pusat kota dan menyerang sebuah pos komando rezim.

Mereka mengklaim salah satu putra Gaddafi menjadi target serangan dan pejabat tinggi pasukan keamanan Gaddafi mengalami uka parah.

Di tempat lain, pasukan revolusioner bergerak di garis depan Misratah, mereka mendorong ke arah kota dekat Zlitan.

Bersamaan dengan itu pesawat-pesawat tempur NATO di Libya menyerang beberapa daerah di dan sekitar ibukota, Tripoli.

Serangan dilaporkan menghantam dekat kediaman penguasa Libya, Muammar Gaddafi, serta Tripoli timur dan pinggiran selatan.

Libya telah menjadi ajang pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan pasukan revolusioner sejak pertengahan Februari. Konflik mematikan telah menyebabkan ribuan orang tewas dan terluka.

Tripoli dan beberapa provinsi bagian barat tetap di bawah kendali Gaddafi sementara kubu revolusioner tmengendalikan Benghazi, sebagian besar kota-kota barat dan timur timur.(fq/prtv)