Paus Francis Akui Adanya Jaringan Uskup Gay di Vatican

uskup uskupPaus akhirnya mengakui keberadaan jaringan uskup gay di Vatikan, laporan yang diterbitkan pada Selasa mengatakan.

Menurut informasi yang bocor dari percakapan pribadi Paus dengan para petinggi Katolik pada Konferensi Amerika Latin Agama (Clar), ketika Paus Francis ditanya tentang siapa yang bertanggung jawab atas Kuria Romawi, website Liberación Chili  melaporkan.

Menurut situs tersebut, Paus Argentina berbicara dalam bukunya dalam bahasa Spanyol , mengatakan, tugas ini sulit bagi Paus Francis karena, di samping vatikan ada “orang suci”, ada juga “aliran korupsi”. Dia kemudian menambahkan, ,” ada ‘Lobi Uskup gay ‘ juga disebutkan, dan memang benar, itu ada … Kita perlu melihat apa yang bisa kita lakukan.”

Ia kemudian menegaskan pemimpinnya telah menulis sinopsis pernyataan Paus dan mengatakan Paus sangat tertekan karena dokumen tersebut telah diterbitkan.

Juru bicara Vatikan Federico Lombardi mengatakan dia tidak punya komentar untuk membuat pernyataan terkait dengan  “pembicaraan pribadi” tersebut.

Pada teks berikutnya dalam dokumen tersebut, ada sejumlah besar Uskup gay dan sangat berpengaruh dalam Vatikan.

Spekulasi memuncak di bulan Februari  lalu ketika Benediktus XVI mengundurkan diri, surat kabar Italia La Repubblica mengklaim bahwa Paus Benediktus telah memutuskan mundur setelah menerima berkas penyelidikan skandal Vatileaks yang berisi rincian jaringan uskup gay. (Guardian/Dz)