Paus Franciscus : Kita Diambang Perang Dunia III

pausSabtu, Menandai peringatan 100 tahun Perang Dunia Pertama, Paus Francis telah memperingatkan bahwa konflik saat ini,  gelombang kejahatan dan pembantaian di seluruh dunia adalah sedikit demi sedikit menuju gerbang perang dunia ketiga.

“Kemanusiaan pada hari ini adalah waktu yang tepat untuk menangis,” kata Francis dalam homili dari Misa selama kunjungan ke peringatan perang terbesar di Italia, Reuters melaporkan pada Sabtu 13 September.

“Perang adalah kegilaan,” kata Paus pada peringatan dihadapan  100.000 tentara Italia di Redipuglia pemakaman dekat Slovenia.

“Perang adalah tidak rasional,  rencananya hanyalah  untuk membawa kehancuran: berusaha untuk tumbuh dengan menghancurkan,” katanya.

“Keserakahan, intoleransi, nafsu untuk kekuasaan. Motif ini mendasari keputusan untuk pergi berperang dan mereka terlalu sering dibenarkan oleh ideologi …,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Korea pada bulan Agustus, Paus mengatakan bahwa manusia berada di tengah-tengah ambang Perang Dunia Ketiga.

“Hari ini kita berada di dunia yang sedang berperang di mana-mana. Seorang pria berkata kepada saya, ‘Ayah, kita berada dalam Perang Dunia III…. “Dia benar,” kata Francis pada waktu itu.

Perang Dunia I  adalah peristiwa terbesar pada masanya; itu menandai adanya  peperangan dan perbedaan ideologi dan konfliknya hubungan internasional dan menjadi prototipe dari perang berikutnya.

Pada saat itu, itu adalah perang paling berdarah dalam sejarah manusia dan merenggut nyawa hampir 10 juta kombatan dan  lebih dari 20 juta kombatan luka parah, belum lagi banyaknya korban sipil yang tewas . (OI/KH)