Pemberontak Syiah Houthi Blokir Bantuan Kemanusiaan

Houthi fighters holding weapons ride on the back of a patrol truck in SanaaEramuslim.co – Pasukan pemberontak syiah Houthi yang didukung Iran memblokir bantuan kemanusiaan yang masuk ke Yaman. Dilansir Alarabiya, Humas militer  Arab Saudi Brigjen Ahmed Asiri mengatakan bahwa militer Saudi berusaha membuat jeda waktu, atau menghentikan perang sejenak. Harapannya, agar bantuan internasional bisa masuk. Namun syiah Houthi telah melakukan aksi pemblokiran terhadap bantuan kemanusiaan tersebut hingga para sukarelawan kesulitan.

Awal pekan ini, Rusia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan gencatan senjata agar memungkinkan pengiriman bantuan dan obat-obatan ke Yaman.
Asiri menambahkan, dalam beberapa hari ke depan situasi akan memudahkan untuk warga sipil di Yaman, yang akan menerima peningkatan pelayanan kesehatan.
Perkembangan terkini Yaman, yakni adanya kabar pimpinan Houthi, Abdelmalik al Houthi telah tewas. Namun berita ini masih simpang siur dan belum bisa diverifikasi kebenarannya.(rz)