Pemeluk Hindu di India Turun, Muslim Bertambah Pesat

Indian Muslim devotees offers prayers before breaking the breaking of the Ramadan fast with Iftar at the Masjid-E-Syedna-Omar Farooq in Hyderabad on July 1, 2015. Muslims globally mark the month of Ramadan by abstaining from eating, drinking, and smoking as well as sexual activities from dawn to dusk . AFP PHOTO/NOAH SEELAM        (Photo credit should read NOAH SEELAM/AFP/Getty Images)

Eramuslim.com – Jumlah orang India penganut agama Hindu mengalami penurunan, sementara penganut Muslim terus bertambah.

Jumlah orang India pemeluk Hindu turun dibawah angka 80 persen dari populasi. Ini adalah pertama kalinya jumlah mereka menurun sejak proklamasi kemerdekaan India.

Melalui data sensus, yang dirilis Rabu (26/8) oleh Kementerian Dalam Negeri India,  jumlah umat Hindu hanya 79,8 persen dari 1,2 miliar orang di negara itu pada 2011.

Satu dekade sebelumnya, jumlah tersebut masih berkisar di angka 80,5 persen. Muslim, kelompok minoritas terbesar di India, kini mencapai 14,2 persen populasi dari negara tersebut. Angka ini naik dari 13,4 persen pada tahun 2001.

Sementara pemeluk Kristen hanya berkisar di 2,3 persen, sedangkan populasi Sikh jatuh ke 1,7 persen dari 1,9 persen.

Sakshi Maharaj, seorang imam Hindu yang kini menjadi politisi, menyebabkan kegemparan awal tahun ini ketika ia mengatakan wanita Hindu harus melahirkan empat anak untuk memastikan bahwa agama mereka akan bertahan.(ts/rn)