Pemilu Israel Digelar

Pemilu Israel telah dimulai. Sekitar 9 jam yang lalu, atau pukul 07.00 waktu Israel, bilik suara di semua wilayah Israel yang berjumlah 9.263 telah dibuka. Pemilihan dilangsungkan sampai pukul 10.00 malam waktu Israel.

Pemilu kali ini diiringi hujan yang sangat deras dan angin kencang, dan ini semakin membuat warga Israel malas keluar rumah. sebanyak 5,3 juta orang terlibat dalam pemilihan, dan mereka memilih di sekolah-sekolah dan pusat komunitas yang banyak tersebar di seantero Israel.

Sampai berita ini diturunkan, Partai Likud pimpinan Benajmin Netanyahu memimpin bersama Partai Kadima (Tzivi Livni). Keduanya dibayangi ketat oleh Ehud Barak. Belum bisa dipastikan siapa yang gerangan yang memenangkan pemilu Israel kali ini dengan telak. Partai Yisrael Beitenu pimpinan Avigdor Lieberman dipastikan tidak masuk hitungan penting. Diperkirakan, sekitar 10 sampai 15% suara belum masuk.

Menurut banyak pengamat, pekan ini akan segera ditentukan siapa saja yang akan menjadi pimpinan Israel. Ehud Barak yang sekarang menjabat sebagai Perdana Menteri akan menjadi pjs sampai kabinet baru dibentuk. Jika terpilih, Livni (50 tahun), bekas anggota dinas intelijen Mossad, akan menjadi PM perempuan pertama Israel sejak Golda Meir tahun 1970an. Dan Netanyahu, jika terpilih, akan menjadi srigala lapar bagi orang-orang Palestina. (sa/gn)