Pengamat Politik Barat : Tanpa Minyak Dari Basra, Daulah Islam Hanyalah seperti Palestina (yang diembargo)

irak oilDaulah Islam rupanya telah memasuki bisnis minyak. Dan tampaknya  mereka  dilaporkan telah membuat jutaan dolar per harinya.

Para mujahidin yang telah menaklukkan wilayah  luas Irak dan Suriah itu telah mengoptimalisasi pendapatan negaranya dengan perdagangan minyak . Dana penjualan itu menjadikan Daulah Islam sebagai  milisi Islam yang terkaya di dunia, yang tidak tergantung  pada pemerintah asing yang mengucurkan  dukungan keuangan tetapi pada uang yang dituai dari penguasaan wilayah tersebut. Kelompok ini juga telah berhasil mengambil alih persenjataan mahal asal  Amerika Serikat yang tadinya diamanatkan kepada  militer Irak.

“Mereka telah berubah menjadi  organisasi teroris terkaya di dunia di negara termiskin di dunia,” kata Michael Knights, seorang pakar Timur Tengah di Institut Washington.

Daulah Islam tampaknya menguasai mayoritas ladang minyak Suriah, terutama di timur negara itu; pengamat hak asasi manusia mengatakan 60 persen dari ladang minyak Suriah berada di tangan militan . Negara Islam juga tampaknya memiliki kontrol dari beberapa ladang minyak kecil di Irak  juga.

Ahli energi dari negara barat memperkirakan produksi minyak Daulah Islam – dari bagian utara Irak sekitar  80.000 barel per hari. Itu masih dalam jumlah yang kecil dibandingkan dengan output negara penghasil minyak yang stabil ‘, tetapi produksi seberapapun  minyak sangat berpotensi dan berharga di tangan milisi itu sudah menjadi sesuatu yang luar biasa .

Jika minyak yang diambil dengan harga pasar global, maka itu bukan lagi  bernilai uang kecil: yaitu sekitar mendapatkan US$ 8.000.000 per hari.

Di Irak, Daulah Islam tampaknya memotong perantara dan menggunakan armada tanker sendiri , yang berarti dapat menuai antara $ 50 dan $ 60 per barel, kata Marcel. Laporan lainnya Daulah Islam hanya menjual hasil minyak Irak serendah $ 25 per barel.
“Mereka mengambil diskon besar-besaran, dan mereka hanya mengambil  sebagian kecil saja dari nilai minyak”, kata Washington Institute .

PBB , pada hari Senin, 28 Juli memperingatkan negara-negara yang  membeli minyak dari militan di Irak atau Suriah, akan mendapatkan sanksi bila membeli minyak dari Daulah islam.

Kontrol atas ladang minyak, pendapatan dari minyak, dan produk minyak bumi akan menjadi modal  keuangan milisi tersebut. Pengendalian produk minyak, dari tabung gas yang dibutuhkan untuk memasak atau untuk bahan bakar yang dibutuhkan untuk transportasi, memberikan pendapatan  kemampuan Negara Islam untuk merekrut dan membayar pejuang dan membeli senjata.

Selain itu, dana tersebut  juga sangat dibutuhkan untuk menutupi gaji pekerja publik di tempat-tempat yang mereka kuasai. Memberikan pelayanan publik untuk menunjukkan bahwa mereka dapat melakukan lebih dari sekedar hanya menaklukkan , tetapi juga mereka dapat mengatur masyarakat dan tentunya menjamin akan adanya ketersediaan dana .

“Mereka perlu untuk menjaga mesin perang mereka ,  dan  mereka juga perlu mengatur untuk membiayakan itu semua makanya mereka perlu  uang,” kata Daveed Gartenstein-Ross, seorang ahli terorisme di Yayasan Pertahanan Demokrasi. Dia memperkirakan bahwa sebagian besar pendapatan minyak akan  cepat menenangkan para pemimpin suku di Irak, menggabungkan  mitra koalisi, dan menjaga fungsional  kehidupan sehari-hari.

“Mereka bisa membawa kekuatan, ketakutan, dan intimidasi, dan mereka bahkan dapat membawa pelayanan sosial canggih bagi masyarakatnya,” kata Knights.

“Tanpa minyak dari Basra, maka ISIS hanyalah seperti Palestina (yang diembargo),” tambah Knights.(JL/KH)