“Penghianat” Al Sisi : Mursi Melakukan Konflik Ke Semua Pihak dan Langgar Mandat Rakyat

Abdul Fattah al-SisiPanglima militer “Penghianat” Al Sisi, mengatakan presiden terguling, Mursi  telah melanggar mandat rakyat dan Lembaga negara.

Berbicara di  sebuah auditorium dihadapan perwira militer pada hari Minggu, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi , mengatakan Mursi  melakukan konflik dengan peradilan, media, polisi dan opini publik. Kemudian Mursi juga telah konflik dengan angkatan bersenjata. ”

Dia tidak merinci sifat dan jenis konflik dengan militer, namun ia mengatakan angkatan bersenjata tidak bisa lagi berdiri di pinggir lapangan melihat jutaan orang Mesir turun ke jalan untuk meminta Mursi  mundur karena Mursi menyalahgunakan kekuasaannya.

Kepala militer itu sering menyarankan Mursi  untuk mengulurkan tangan kepadanya sebelum memberinya ultimatum 48 jam untuk berdamai dengan lawan politiknya dan menjawab tuntutan masyarakat.

“Saya mengirim dua utusan, termasuk kepada Perdana Menteri Hesham Kandil dan ahli hukum terpercaya,  untuk mendesak Presiden untuk mengadakan referendum apakah pemilih masih mendukung kepresidenannya, tetapi saran itu ditolak mentah-mentah.” Ujar Al Sisi.

Al-Sisi mengimbau semua pihak, termasuk pendukung Mursi, untuk berpartisipasi dalam transisi baru, yang  akan mengembalikan hak masyarakat untuk memilih.

Juru bicara Ikhwanul  Muslimin , Gehad el-Haddad menanggapi pernyataan al-Sisi itu dengan  mengatakan bahwa militer tidak punya hak untuk bertindak atas nama seluruh rakyat Mesir kecuali melalui “Perintah komandan Tertinggi Terpilih atas mereka,” yang berarti Mursi.

Dalam komentar yang diposting di Twitter, saya mengatakan militer juga tidak memiliki hak untuk memilih salah satu kelompok demonstrasi protes untuk mewakili seluruh rakyat Mesir. (Aljazeera/KH)