Peran Israel Dalam Menghancurkan Iraq dan Pakistan


Semua orang berpikir, mungkin hanya ada tiga aktor utama dalam saga Pakistan yang berdarah-darah: AS, pemerintah Pakistan, dan Taliban. Plotnya: AS bersekongkol dengan pemerintah Pakistan untuk menghabisi para pejuang Taliban.

Tapi ternyata, diyakini bahwa Israel pun punya peranan yang sangat besar dalam semua tragedi itu.

Ada dua wajah Israel selama ini, yang dimotori oleh Mossad, dinas rahasia Israel. Yang pertama adalah memainkan agenda yang seolah-olah kritis dengan cara menggusur fakta-fakta dengan cara menipu. Yang kedua adalah penunjukkan kekuatan. Kedua cara ini sering jelas sering dikombinasikan.

Contohnya ketika AS menyerang Iraq sebagai respons terhadap pembunuhan massal 9-11. Banyak orang Israel yang bermain dalam pembuatan undang-undang AS ketika itu. Mereka semua menciptakan berbagai konsesus yang kebenarannya masih tidak meyakinkan, seperti hubungan Irak dengan Al-Qaidah, adanya senjata biologi Irak, pertemuan di Praha, dan sebagainya.

Mossad seperti biasanya melakukan peran sebagai provokator untuk agenda utama yang dimaksud. Itu juga hal yang dilakukan oleh Israel di Pakistan sekarang ini. Jeff Gates, mantan penasihat Komite Senat Keuangan AS antara tahun 1980-1987, mengatakan bahwa saat ini Pakistan jelas-jelas telah diset untuk itu. (sa/islamicaweb)