Perang Meningkat antara AQAP Al Qaeda dengan Syiah Houthi di Yaman

houthisPertempuran berlanjut di Yaman antara pemberontak Syiah Houthi dan Mujahidin AQAP  yang didukung muslim  Sunni, menewaskan sedikitnya 68 milisi Syiah Houthi tewas di provinsi Bayda.

Berita itu datang setelah  demonstran Muslim di ibukota Yaman menyerukan kepada milisi Syiah Houthi untuk meninggalkan kota itu setelah tenggat waktu untuk membentuk pemerintahan baru yang disahkan pada hari Selasa tanpa kesepakatan.

Bentrokan sporadis meletus antara Syiah Houthi dan pejuang Muslim  di Radaa setelah Syiah Houthi membunuh seorang perwira tentara dari  suku Muslim Qaifa, Al Jazeera dalam laporannya.

Sebagai pembalasan, suku Muslim Sunni tersebut  dilaporkan menyerang pemberontak bersenjata Syiah Houthi di timur laut Radaa.

Pejuang AQAP cabang Al-Qaeda di Yaman juga dilaporkan mengendalikan empat wilayah  utama di kabupaten Odain, dengan tujuan mencegah para milisi Syiah Houthi dari maju ke provinsi Ibb di pusat kota Yaman.

Syiah Houthi, berlatar belakang Syiah  Zaidi  Yaman, setelah dibiarkan tentara nasional Yaman telah membuat beberapa kemajuan signifikan baru-baru ini, mengambil alih kota pelabuhan utama Hodayda, bersama dengan dua provinsi utara, pada pekan lalu.

Pemerintah pusat Yaman yang dipimpin Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi sejauh ini gagal untuk menghentikan pemberontak Syiah, meskipun kesepakatan damai telah ditengahi PBB .

Pertempuran itu telah menimbulkan kekhawatiran di Yaman –  produsen minyak dan rute pelayaran penting di Teluk Aden – kini runtuh menjadi negara yang gagal.

Pemerintah Hadi juga merupakan sekutu kunci AS dalam perang melawan al-Qaeda, yang memungkinkan AS untuk melakukan perang drone terhadap mujahidin di wilayah Yaman.

Sedangkan Syiah Houthi tidak menghadapi perlawanan ketika mereka menguasai Sanaa bulan lalu dan telah menolak untuk meninggalkan kota itu meski  di bawah kesepakatan PBB.

Muslim Yaman menuduh pasukan pemerintah  bekerja sama dengan pemberontak Syiah .

Negara-negara Teluk Arab telah memperingatkan bahwa ketidakstabilan di Yaman mengancam keamanan regional. (Alj/KH)