Pernyataan Aneh Aung San Suu Kyi : Muslim Tragedi di Myanmar Karena Imigrasi Ilegal dari Bangladesh

Aung San Suu Kyi pada hari Kamis menggambarkan kekerasan di barat Myanmar antara Budha dan Muslim sebagai “tragedi besar internasional ” dan mengatakan solusinya agar imigrasi ilegal dari Bangladesh harus dihentikan.

Suu Kyi, dalam kunjungan ke India Negara  tetangga, mengatakan ia menolak untuk berbicara atas nama Muslim Rohingya karena mereka adalah tidak punya negara yang tinggal di kedua sisi perbatasan karena ia ingin rekonsiliasi setelah pertumpahan darah baru-baru ini.

Lebih dari 100.000 orang telah mengungsi di Myanmar sejak Juni dalam dua wabah besar kekerasan di negara barat Rakhine. Puluhan orang tewas dan ribuan rumah dibakar.

“Jangan lupa bahwa kekerasan telah dilakukan oleh kedua belah pihak, ini adalah mengapa saya lebih memilih untuk tidak memihak dan juga saya ingin bekerja ke arah rekonsiliasi,” kata Suu Kyi kepada saluran berita NDTV.

“Apakah ada banyak penyeberangan ilegal dari perbatasan (dengan Bangladesh) masih berlangsung? Kita harus menghentikan itu, jika tidak ada yang akan mengakhiri masalah ini, “katanya.

“Bangladesh akan mengatakan semua orang-orang ini telah datang dari Burma (Myanmar) dan Burma mengatakan semua orang-orang ini telah datang dari Bangladesh.”

Peraih Nobel, yang dibebaskan dari tahanan rumah militer pada tahun 2010, telah menghadapi kecaman dari kelompok hak asasi manusia untuk respon yang telat dan peredaman kekerasan etnis di tanah airnya.

“Ini adalah tragedi internasional yang besar dan ini adalah mengapa saya selalu mengatakan bahwa pemerintah harus memiliki kebijakan tentang undang-undang kewarganegaraan mereka,” katanya. (DZ-CHINA POST)