Rakyat Mesir Kembali Demo Israel

Ribuan Demonstran Mesir dilaporkan melakukan demo besar-besaran di depan kedutaan besar Israel di Kairo, dan mereka menuntut pemerintah Mesir mengakhiri hubungan dengan rezim Tel Aviv.

Demonstrasi itu berasal dari Universitas Kairo di dekatnya. Para demonstran menuntut agar pemerintah Mesir memutuskan semua hubungan dengan Israel. Para pengunjuk rasa juga menyerukan agar membekukan semua ekspor gas ke Tel Aviv.

Mereka telah mengancam akan melanjutkan aksi unjuk rasa besar-besaran jika pemerintah saat ini tidak bergerak untuk memutuskan hubungan dengan rezim Israel.

Bukan rahasia lagi, di bawah rezim Mubarak yang didukung AS, Mesir konsisten melayani kepentingan Israel. Mesir membantu blokade total terhadap Jalur Gaza ketika Hamas mengambil alih wilayah itu pada tahun 2007. Dan blokade inilah yang disebut-sebut sebagai pemicu utama krisis kemanusiaan di Gaza.

Sementara itu, pejabat Israel telah berulang kali mengancam akan melancarkan serangan besar lagi terhadap Gaza.

Israel mengatakan bahwa serangan Gaza berikutnya bisa lebih merusak daripada sebelumnya pada tahun 2009, yang menewaskan lebih dari 1.400 warga Palestina, sebagian besar dari mereka warga sipil, termasuk banyak wanita dan anak-anak. (sa/presstv)