Pertempuran Darat Dengan Sengit Pecah di Aden, Desak Pemberontak Syiah Houthi

Militiamen loyal to Yemen's fugitive President Abderabbo Mansour Hadi hold a position during clashes with opponents and Huthi rebels in the port city of Aden's Dar Saad suburb on May 28, 2015. AFP PHOTO / SALEH AL-OBEIDI
Pejuang Islam Yaman Pro Hadi

Eramuslim.com – Pertempuran sengit pecah di Yaman selatan dekat kota pelabuhan Aden pada Jum’at (29/5) ketika pasukan yang loyal terhadap Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi menyerang pemberontak syi’ah Houthi dalam upaya untuk mendorong mereka keluar dari distrik, ujar warga setempat.

Serangan udara koalisi pimpinan Saudi juga telah melancarkan empat serangan di pangkalan militer di dekat bandara, ujar seorang sumber kepada Reuters.

Aden adalah pusat komersial Yaman. Bandara di sana ditutup sejak pertempuran merebak namun pelabuhan masih menyediakan akses untuk bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di negara tersebut.

Syiah Houthi dan sekutunya, unit tentara yang masih setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh, terkonsentrasi di sekitar distrik Khor Maksar, Crater dan Moalla di Aden.

Pertempuran di Khor Maksar telah menewaskan empat pejuang dan belasan pemberontak syiah sejauh ini, ujar sumber kepada Reuters.

Serangan udara intensif oleh aliansi pimpinan Saudi juga dilaporkan oleh penduduk provinsi Saada yang berbatasan dengan Arab Saudi di barat laut Yaman. Razia juga menargetkan situs penyimpanan senjata di Sana’a, lanjut pernyataan warga.

Pada Senin lalu, pemberontak syiah Houthi mengalami kemunduran signifikan di wilayah selatan dalam perang selama dua bulan terakhir ketika pejuang Yaman setempat mengusir mereka dari kota Dalea, sekitar 170 km dari Aden.

Pejuang Islam pro Hadi yang menyebut diri mereka Perlawanan Selatan adalah kelompok pejuang yang mengangkat senjata mereka melawan pemberontakan syiah Houthi.(rz)