Perwira Tinggi Garda Revolusi Iran Tertangkap Basah Bantu Pemberontak Houthi

Iranian_army_001Eramuslim.com – Wakil Gubernur Aden dan Ketua Dewan Perlawanan Populer, Nayef Al-Bakri mengungkapkan, pihaknya telah menangkap pasukan revolusi Syiah Iran yang membantu militan Syiah Houthi secara aktif di Aden (2/4).
“Di antara para tawanan, ada pemimpin tentara dan perwira tinggi yang akan diadili pada waktu yang tepat,” ujar Bakri, seperti dikutip Reuters (3/5).
Kepada surat kabar Al-Watan Saudi Arabia, Nayef Al-Bakri mengatakan, puluhan milisi syiah Houthi ditangkap, kebanyakan langsung mundur dan bergabung untuk melawan syiah Houthi. Dia menambahkan bahwa mereka yang sebelumnya ikut bergabung dengan Houthi lantaran tergoda dengan tawaran uang yang dijanjikan milisi Houthi bila turut serta dalam “jihad ala agama syiah”.
Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Iran mengatakan, pemerintah Iran tidak akan membiarkan kekuatan regional membahayakan kepentingan keamanan di Yaman, namun menolak tudingan jika pasukannya ikut membantu syiah Houthi di Yaman. Tapi dengan tertangkapnya perwira tinggi Garda Revolusi Irand i Yaman, maka keterlibatan Iran dalam pemberontakan syiah Houthi di Yaman pun terbukti.(rz)