Piala Dunia Membuat Ekonomi Bangkit?

Apakah Olimpiade atau Piala Dunia, yang menjadi tempat klub sepakbola bersaing, dan merupakan olahraga bergengsi, selalu dikaitkan dengan dampak ekonomi dari olah raga itu?

Sebagai contoh, AS yang mendapat tawaran oleh Komite untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2018 atau 2022, memperkirakan bahwa olah raga sepak bola itu akan memberikan keuntungan $ 5 miliar dolar bagi perekonomian negara, dan membuka 65.000 sampai 100.000 lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal.

Namun seiring waktu, apa dampak nyata dari Piala Dunia terhadap ekonomi lokal? Tidak banyak. Menurut sebuah studi yang dirilis minggu lalu oleh Daiwa Pasar Modal.

Menganalisis perekonomian 15 negara dimana 18 Piala Dunia telah diselenggarakan sejak tahun 1930, penelitian ini menemukan bahwa pertumbuhan PDB riil rata-rata hanya 0,5 persen per tahun.

Tapi masih ada lagi – misalnya Uruguay, yang ditempati Piala Dunia tahun 1930, diambil dari persamaan, justru angka-angka menunjukkan Piala Dunia benar-benar menekan pertumbuhan ekonomi di negara tuan rumah dengan 0,75 persen pada tahun, diikuti dengan 1 persen pertumbuhan tahun setelah usai perhelatan itu, menurut Daiwa.

Don Eggington, kepala analisis jangka panjang Daiwa, menyimpulkan: "Jadi, meskipun menjadi acara olahraga yang paling banyak ditonton masyarakat dunia, menunjukkan bukti bahwa pengaruh Piala Dunia pada perekonomian negara tuan rumah itu terlalu kecil untuk tumbuh ekonominya, termasuk lapangan bekerja.

"Dengan demikian, Afrika Selatan kemungkinan hanya akan menuai banyak pemberitaan, dan bukti dari turnamen sebelumnya menunjukkan bahwa turnamen ini hanya akan dapat meningkatkan pertumbuhan yang kecil, dan karenanya tidak untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang sangat besar yang terus menghadapi negara . "

Hal ini mengingatkan apakah Beijing akan menyerah oleh "kutukan Olimpiade" setelah menjadi tempat Olimpiade tahun 2008? Studi menunjukkan bahwa dengan beberapa pengecualian, setelah usai pesta olahraga perekonomian tuan rumah cenderung turun, dan diharapkan kenaikan jumlah pariwisata tak pernah terwujud.

Tiga minggu setelah penutupan olah raga dunia di Beijing Lehman Brothers bangkrut – memicu resesi "Besar" – sehingga "setelah" efek dari olimpiade di Cina mungkin sulit untuk menilai.

Tetapi jika studi ini benar, itu membuat orang bertanya-tanya mengapa begitu banyak perhatian kepada dampak ekonomi tuan rumah sebagai tempat acara olahraga itu. Mungkin hanya dorongan kebanggaan dan patriotisme, yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi lokal. (m/cnn)