Putin : Anjloknya Harga Minyak Dunia adalah Konspirasi AS dan Saudi

Rusia-Presiden-Rusia-Vladimir-Putin-jpeg.image_Vladimir Putin, pemimpin Rusia menyatakan  tidak menampik adanya konspirasi antara AS dan Arab Saudi dalam anjloknya harga minyak dunia beberapa bulan belakangan.

Putin menyatakan, ada pembicaraan terkait hal ini sebelumnya. “Beberapa orang mengatakan ada konspirasi antara Arab Saudi dan AS dalam kepentingannya di timur tengah  atau menekan perekonomian Rusia atau untuk mengarahakan dampaknya pada Venezuela,” ujar Putin seperti tertulis di Russian News Agency (18/12).

Putin menambahkan, ini hanya asumsi saja. Karena biaya produksi untuk shale-oil dan shale-gas saat ini dijadikan nyaris nol biaya . “Jika tingkat ini terus dipertahankan , semuanya akan berantakan (dalam produksi shale-oil) dan harga akan mulai naik,” katanya. “Tapi kita tidak bisa mengatakan ini dengan keyakinan seratus persen.”

Ia percaya kepentingan Administrasi AS dan produsen utama minyak mungkin berkepentingan  pada saat ini. Karena Washington melakukan investasi dalam produksi shale-oil oleh perusahaan swastanya.  (RoL-RNA/KH)