Ratusan Ribu Muslim Rusia Sholat Ied di Moskow, Putin Sampaikan Selamat Idul Fitri

Eramuslim.com – Lebih dari 200 ribu orang melaksanakan Salat Id di berbagai masjid di Moskow, termasuk di Masjid Katedral Moskow. Jalanan ditutup akibat jamaah yang penuh sesak hingga memenuhi jalan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Islam di Rusia Putin dalam siaran pers resmi Kremlin, Selasa (5/7/2016).

“Hari ini, kita menyaksikan bagaimana sepenuhnya umat Islam Rusia hidup. Masjid yang dibangun, Akademi Islam Bulgaria didirikan, universitas dan madrasah didirikan, perjalanan haji juga meningkat,” kata Putin.

moskoDi Rusia, Islam adalah kedua yang paling banyak menyebarkan agama setelah Kristen Ortodoks. Sekitar 20 juta umat muslim tinggal di negara ini atau membuat sekitar 15 persen dari populasi.

Lebih dari 200.000 orang umat muslim di Moskow sejak pagi berbondong-bondong melaksanakan Salat Id, termasuk di Masjid Katedral Moskow dan beberapa titik lainnya. Dari foto-foto, tampak umat muslim khusyuk melaksanakan salat, sementara aparat keamanan berjaga memastikan keamanan. (dtk)

Masjid Katedral Moskow adalah salah satu masjid terbesar di Eropa dan dapat menyimpan sekitar 10.000 jamaah. Masjid ini dibuka pada bulan September 2015 setelah beberapa tahun direkonstruksi. Struktur asli masjid bersejarah ini dibangun pada tahun 1904. (ts/pm)