Ribuan Tentara dan Milisi Ali Membelot Dukung Hadi dan Perangi Pemberontak Syiah Houthi

Mideast YemenEramuslim.co – Komandan Brigade 135 di kota Hadramut menandaskan, empat ribuan tentara telah membelot dari mantan presiden Ali dan bergabung dengan pemerintahan sah Yaman di bawah pemerintahan Presiden Abdor Rabbo Mansour Hadi.
Letnan Yahya Abu Oja, komandan brigade di Hadhmarut, sekitar 794 kilometer dari ibukota Sanaa, berharap unit militer lain juga bergabung dengan pemerintahan yang sah di bawah Presiden Abdur Rabbo Mansour Hadi.
“Saya akan setia pada Hadi dan mendukung Operasi Badai yang dipimpin Arab Saudi,” ujar Kepala Brigade 123 di timur provinsi Al-Mahrah, seperti dilaporkan Al Arabiya (17/4).
Hal senada juga dinyatakan Letnan Thabit Qaseem Abdullah, yang memimpin kepala angkatan udara militer di Al-Mahra. “Masyarakat Yaman harus diselamatkan dari kejahatan geng milisi dan penjahat,” kata Abdullah.
Bentrokan antara pemberontak syiah Houthi dan militer pro-Hadi Brigade 35 terjadi lagi di Taiz, sebelah barat daya kota, dekat pelabuhan Mocha yang terkenal di Laut Merah. Sebuah sumber menjelaskan bentrokan terjadi di sisi barat kamp keamanan pasukan khsusus. Puluhan militan Taiz di pinggiran kota datang untuk mendukung Brigade 135. Itu merupakan perlawanan rakyat terhadap militan syiah Houthi dan bentuk dukungan mereka pada legitimasi Yaman.(rz)