Rusia Larang Jilbab Bagi Siswi Sekolah

Sebuah sekolah di wilayah stavropol Rusia Selatan mengeluarkan peraturan yang melarang siswanya masuk kelas dengan mengenakan Jilbab, hal ini pun langsung memicu kontroversi.

menurut jaringan televisi, Rusia 24, bahwa banyak siswa dari sekolah “Zalenokumsk” kehilangan jam pelajaran karena pelarangan masuk kelas dengan berjilbab. Dalam saluan televisi tersebut juga di tayangkan rekaman seorang kepala sekolah mengantar siswinya yang berjilbab menaiki bus sekolah untuk mengantarnya kembali pulang kerumah.

Ia berkata,”siswi ini memakai penutup di kepalanya dan hal ini tidak sesuai dengan aturan, dan akan dikembalikan ke rumahnya, dan peraturan tersebut ada dalam daftar peraturan tentang syarat seragam sekolah,” lalu ia menambahkan,”Ditulis disini yang diperbolehkan dan yang dilarang, dan dilarang untuk memakai pakaian bepergian dan penutup kepala di sekolah…”.

Para ulama muslim telah bertemu dengan Komite pemerintah yang berwenang dalam urusan Minoritas agama dan etnis untuk memabahas masalah tersebut.

Muhammad Rakhimov,seorang mufti di wilayah Stavropol mengatakan, “kita tidak bisa melarang seorang yang menginginkan memakai hijab, dan  sekolah tidak berhak melarang siswinya masuk sekolah karena hal itu karena sekolah adalah rumah pengetahuan.” (hr/It)