Saadeddine, Desersi Militer Lebanon : Tentara Lebanon adalah Alat Milisi Syiah Hizbullah

sadedineSeorang tentara Lebanon  ditunjukkan dalam sebuah video yang didistribusikan secara online pada hari Rabu , ia duduk di bawah bendera front  Al-Nusra .

Seorang pejabat militer mengatakan kepada AFP bahwa pria itu bernama Atef Saadeddine.

Dia mengatakan bahwa ini  adalah hal  pertama ia membelot dan dia telah bergabung dengan front Al-Nusra yang kini memerangi pasukan rezim  Bashar al-Assad.

Dalam video tersebut, Saadeddine mengatakan dia desersi karena tentara “Bias” terhadap organisasi Syiah Hizbullah  Lebanon, yang telah mengirimkan ribuan pejuang ke Suriah untuk mendukung pasukan Assad.

Video menunjukkan Saadeddine dengan  peralatan militer. Dia mengidentifikasi dirinya sebagai “seorang prajurit desersi  dari Divisi Kedelapan” yang dikerahkan di wilayah Labweh-Arsal, wilayah Suriah .

Saadeddine menampilkan ID militernya , yang menunjukkan ia lahir pada tahun 1991 di Akkar, daerah Sunni  di Lebanon.

Negara Lebanon memang terbagi atas konflik di negara tetangga Suriah. Kebanyakan Sunni Lebanon mendukung pemberontakan, sementara Hizbullah dan sekutunya mendukung Assad.

“Aku membelot karena,  tentara Lebanon adalah alat dari partai (Hizbullah),” kata Saadeddine dalam video.

Dia mengatakan tentara “menuruti  perintah dari Hizbullah, semua petugas Lebanon berada di bawah perintah Hizbullah”.

Pejabat militer Lebanon mengatakan desersinya  Saadeddine dan keputusan untuk bergabung dengan “organisasi teroris” akan dirujuk ke pengadilan militer.(Arby/Dz)